Rabu, 23 Maret 2011

KONSEP SEHAT

6 faktor utama yang sangat mempengaruhi kesehatan, yaitu :

1. Udara
Setiap saat kita menghirup udara karena tubuh kita memerlukan oksigen untuk bekerja. Itulah mengapa biasanya di daerah pegunungan tubuh kita akan terasa lebih segar karena tubuh dapat maksimal mendapatkan oksigen yang di perlukan sehingga mempengaruhi kerja metabolisme tubuh kita.


2. Air
Tubuh kita juga sangat memerlukan air untuk dapat bekerja. Jika tubuh kita kekurangan air akan sangat berpengaruh bagi kesehatan. Penyakit kencing batu misalnya, salah satu penyebabnya adalah karena organ kandung kemih kita kekurangan air untuk dapat melarutkan zat garam yang ada di dalam tubuh sehingga terjadi pengendapan.

3. Makanan dan minuman
Makanan dan minuman yang memenuhi kecukupan nutrisi sangat di butuhkan oleh tubuh. Karena masing masing organ tubuh kita memerlukan kandungan nutrisi dan zat tertentu agar dapat berfungsi dengan baik. Itulah mengapa kita di anjurkan agar dapat mengkonsumsi makanan sehat yang cukup nutrisi setiap hari. Tapi apakah setiap hari kita bisa menjalankan hal tersebut ?

4. Istirahat
Istirahat yang cukup juga sangat di perlukan oleh tubuh. Karena beberapa organ tubuh kita juga perlu untuk istirahat bekerja pada waktu tertentu. Itulah mengapa kita merasakan sangat tidak nyaman bahkan sulit berkonsentrasi jika kita kekurangan waktu untuk tidur setiap harinya.

5. Emosi
Keseimbangan emosi sangat berpengaruh bagi kesehatan. Di beberapa Negara maju seperti di Eropa bahkan telah di teliti ada beberapa kasus penyakit yang di timbulkan oleh kadar stress yang tinggi dari pengidapnya. Banyak sekali organ tubuh yang terganggu pada saat emosi kita tidak seimbang.

6. Olahraga
Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat, mungkin kata-kata itu sudah lama sekali pernah kita dengar. Kita olahraga sangat penting bagi tubuh, olahraga yang rutin dan teratur dapat menurunkan kadar kolesterol, kadar gula darah dan lainnya. Pertanyaannya apakah kita bisa meluangkan waktu untuk berolahraga 20 menit sehari ? Seminggu sekali? Sebulan sekali? Atau bahkan setahun sekali ?

Kalau saja 6 faktor utama di atas dapat kita lakukan dengan maksimal, pastilah tubuh kita akan sehat. Bahkan boleh jadi seumur hidup kita hanya butuh 1 kali saja ke dokter, yaitu pada saat di lahirkan.

Apa sebenarnya yang terjadi pada tubuh kita di tahun tahun belakangan ini ? mengapa semakin banyak orang menderita penyakit mematikan seperti jantung, stroke bahkan kanker. Penyebabnya adalah karena tubuh kita menjadi tempat berkumpulnya racun dari pola hidup kurang sehat yang kita lakukan.
Sumber Utama Racun Dalam Tubuh

Menurut laporan statistik dari Departemen Pertanian Amerika pada tahun 1983, mereka mendapatkan kesimpulan bahwa pencemaran udara telah meningkat 40 kali lipat dalam kurun waktu 30 tahun (1943 – 1973). Coba anda bayangkan peningkatannya saat ini !!
Permasalahannya kita tidak bisa menghindari racun dari udara yang kita hirup. Bukan hanya di jalan racun berupa Co2 terhirup oleh kita, bagaimana di ruangan kerja kita ? bagaimana sirkulasi ruangan tempat kita tidur di rumah ? bahkan berita terbaru menyebutkan mengapa banyak sekali ibu rumah tangga yang mengidap kanker payudara ? penyebabnya antara lain adalah asap residu dari minyak goreng yang di panaskan ternyata memiliki kandungan yang dapat memicu sel kanker di dalam tubuh.

Menurut laporan statistik dari Departemen Pertanian Amerika pada tahun 1983, mereka mendapati kandungan racun dalam sistem pengairan bawah tanah ( air tanah ) telah meningkat sangat cepat. Para pakar telah menemukan sebanyak 2.221 jenis bahan kimia organik yang mana 109 jenis kimia tersebut adalah sumber dari penyebab penyakit kanker. Coba anda bayangkan peningkatannya di tahun sekarang ini ?!!
Mungkin kita tidak menggunakan air tanah atau air langganan sebagai air yang kita minum, tapi kita langganan air mineral merek tertentu misalnya yang kualitasnya baik. Pertanyaannya adalah apakah anda setiap hari mencuci dispenser air anda ? karena laporan sebuah penelitian menyebutkan bahwa dispenser air mineral jika lebih dari 36 jam tidak di bersihkan sampai ke dalam dan sudut sudut kerannya akan menjadi sumber bakteri dan kuman yang berbahaya bagi tubuh.

Buah buahan dan sayur sayuran yang di impor banyak mengandung bahan kimia yang berbahaya. Beberapa waktu lalu kita mendengar berita banyak sekali buah buahan yang mengandung pengawet melebihi batas yang di ijinkan, tapi masalahnya hal ini tidak bisa di hindari oleh para peng impor, karena jika mereka tidak melakukan itu maka produk impor mereka di pastikan busuk pada saat sampai ke Indonesia. Bahkan jika anda mengkonsumsi sayuran dan buah lokal pun tidak jauh berbeda kondisinya. Jika anda berbelanja ke pasar tradisional di pastikan anda akan memilih buah dan sayuran dengan kondisi yang baik, maksudnya tidak berlubang atau rusak seperti di makan serangga. Tapi tahukah anda pada buah dan sayuran yang anda pilih tersebut justru yang paling banyak memiliki kandungan pestisida di permukaannya, itulah mengapa buah dan sayuran tersebut tidak tersentuh oleh hama maupun ulat. Tapi apakah hal tersebut bisa kita hindari ? saya yakin sekali pasti sulit kita hindari. Berita terakhir menyebutkan dari hasil uji petik darah yang di lakukan oleh DINKES Kab Magelang terhadap kelompok tani di sana menyebutkan bahwa dari keseluruhan petani yang di ambil darahnya 99,8% telah mengalami pencemaran pestisida di dalam tubuhnya dari mulai ringan sampai berat. 17,2% diantaranya mengalami pencemaran berat, 72,73% mengalami pencemaran sedang dan 8,9% mengalami pencemaran ringan, hanya 0,2% yang tidak mengalami pencemaran. Artinya adalah secara tidak langsung 98% dari sayuran yang kita beli di pasar mengalami pencemaran pestisida.
Bagaimana dengan pengawet dan zat pewarna yang terdapat dalam makanan dan minuman yang mungkin tidak kita sadari kita konsumsi setiap harinya, seperti mie instant, minuman berwarna dan bersoda, jajanan yang lewat di depan rumah kita dan banyak lainnya. Bagaimana dengan daging hewan yang pertumbuhannya ternyata di rangsang oleh hormon kimia ? ayam goreng siap saji misalnya. Menurut laporan hasil penelitian terakhir kenapa banyak sekali kelainan hormon pada pria sehingga mereka bertingkah laku seperti wanita? sumber tersebut menyatakan penyebabnya antara lain hormon wanita kimia yang di suntikkan ke dalam tubuh hewan ternak tersebut yang di maksudkan agar pertumbuhannya menjadi lebih cepat dan tanpa kita sadari terkonsumsi oleh keluarga dan anak anak kita lewat makanan siap saji. Bagaimana pula dengan kebiasaan kita merokok atau bahkan minum minuman beralkohol yang melebihi ketentuan. Bagaimana dengan berita yang kita lihat belakangan ini tentang beberapa jenis jajanan yang mungkin keluarga kita atau bahkan kita sendiri sering mengkonsumsinya ternyata 98%-nya masih menggunakan borax dan formalin yang sudah berganti nama. Semua itu sulit sekali kita hindari bukan ?

Dan yang menurut saya luar biasa adalah pernahkah anda memperhatikan tulisan di sebuah produk tertentu yang berbunyi “ untuk penggunaan jangka panjang dapat menyebabkan kerusakan liver dan ginjal “. Anda pasti tahu betul produk yang saya maksud bukan ? coba anda ingat ketika 10 atau 20 tahun yang lalu berapa dosis antibiotik yang di resepkan dokter kepada anda. Apakah dosisnya meningkat ataukah berkurang ? memang faktor usia berpengaruh tapi apakah sampai sebesar itu ? apa penyebabnya ? salah satunya karena tubuh anda justru makin kebal dengan zat tersebut. Ironisnya makin tinggi dosisnya maka makin besar pula kemungkinan ginjal anda akan rusak, tapi permasalahannya adalah karena hal tersebut memang sulit untuk kita hindari. Bertahun tahun hal tersebut kita konsumsi, dan luar biasa pula kerusakan yang terjadi pada tubuh kita.

Saya akan analogikan seperti ini, jika kita minum racun serangga satu kaleng apakah akan langsung berakibat fatal bagi kita? Jawabanya YA
Tapi jika anda minum satu sendok kecil setiap hari sampai habis satu kaleng ? di pastikan anda masih tetap hidup bahkan di sendok terakhir anda minum, tapi lihat reaksinya beberapa bulan ke depan. Maksudnya adalah seperti itulah efek racun yang masuk kedalam tubuh. Kita tidak akan tiba tiba merasakan dampaknya, tapi perlahan tapi pasti racun akan merusak organ tubuh kita satu persatu dengan mengganggu sistem keseimbangan dalam tubuh kita. Jadi tidaklah menjadi sesuatu yang mengherankan jika dengan semua kondisi yang saya paparkan di atas maka penyakit degeneratif yang mematikan seperti jantung dan stroke dapat menyerang kita tanpa harus menunggu usia kita 50 tahun ataupun 40 tahun. Bom waktu tersebut di mungkinkan akan lebih cepat meledak bahkan di saat usia kita belum genap 30 tahun. Sungguh luar biasa bukan ?

Lalu pertanyaannya adalah bagaimana solusinya jika ternyata semua hal tersebut sulit kita hindari ? Saya akan gambarkan seperti ini, beranikah kita untuk tidak pernah melakukan tune-up terhadap kendaraan bermotor kita? Kita mencucinya seminggu sekali tapi tidak perlu menservis-nya berkala. Atau mungkin kita servis tapi setahun sekali. Bagaimana? Pasti kita tidak berani karena di pastikan kendaraan kita akan rusak meskipun sudah ada filter udara ataupun oil filter yang membantu pembersihan kendaraan kita, karena hampir setiap hari kendaraan tersebut kita gunakan. Lalu bagaimana dengan tubuh anda? Meskipun TUHAN telah menciptakan tubuh kita dengan sempurna dengan adanya sistem pembersihan tubuh yang di lakukan oleh ginjal tapi dengan pola hidup sembarangan yang kita lakukan ? kita hanya membersihkan tubuh kita bagian luar dengan mandi setiap hari, tapi bagaimana dengan tubuh kita bagian dalam ? selama bertahun tahun tubuh kita dipaksa untuk bekerja sesuai kehendak dan keinginan kita yang hanya gemar mengkonsumsi makanan dan minuman yang terasa nikmat di lidah tetapi berbahaya bagi tubuh kita, tetapi tidak sekalipun terpikirkan oleh kita untuk membersihkan bagian dalamnya bukan?

Konsep Kesehatan Yang Optimal
C > B > A

C. Membersihkan Racun ( Cleansing )

Menurut konsep asas kesehatan, 90% penyakit adalah bersumber dari usus. Racun yang terkumpul dalam usus akan melekat pada dinding usus yang mengakibatkan zat penyerapan makanan terganggu. Pada masa yang sama juga menceparkan darah dan akan menyebabkan penyakit seperti arthritis, tumor, asam urat, kurang darah, nyeri sendi, masalah ginjal dsb.

Racun dalam tubuh adalah awal dari segala penyakit.
( Dr. Henry Bieter )
Kalau racun didalam tubuh kita tidak segera di bersihkan akan mengganggu penyerapan zat makanan maka kesehatanpun akan menurun.
( Dr. Bernard Jensen)

Sisa makanan yang terkumpul didalam usus setelah membusuk akan menjadi bahan yang berbahaya dalam tubuh kita dan bias menyebabkan penyakit serta mempercepat proses penuaan.

Usus kotor akan mengakibatkan masalah kesehatan seperti :

Yang ringan antara lain, badan terasa lesu, sakit kepala, nyeri badan, tidak selera makan, insomnia, sistem kekebalan tubuh menjadi lemah, mudah flu dsb.
Yang serius antara lain, sembelit, penyakit kulit, panas dalam, hormon tidak seimbang, anemia, kegemukan dsb.
Masalah kesehatan diatas akan berakibat menjadi penyakit berbahaya seperti darah tinggi, jantung koroner, diabetes, penyakit organ hati, ginjal, tumor dsb.

B. Makanan yang seimbang untuk kesehatan tubuh. ( Balancing )

Manusia membutuhkan 40 jenis zat makanan yaitu 1 jenis lemak asid, 10 jenis asam amino, 14 jenis zat galian dan 15 jenis vitamin. Jika salah satu saja tidak dapat kita penuhi maka akan sangat membahayakan kesehatan tubuh. Menurut Adele Davis, seorang pakar makanan Amerika di dalam bukunya berjudul, “Let’s Get Well” menulis : Tubuh kita memerlukan sedikitnya 40 jenis nutrisi. Tubuh kita tidak menghasilkan zat makanan tersebut. Oleh karena itu tubuh harus mendapatkan dari makanan yang kita konsumsi.

Referensi :
Discover The Healing Power Of Food “Foods That Fight Disease” oleh, Laurie Deutsch Mozian, M.S, R.D.
Banyak sekali jenis jenis makanan di dunia ini yang di ciptakan oleh Tuhan ternyata mempunyai kekuatan untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Kenapa demikian ? karena ternyata selama ini kita mengkonsumsi makanan yang hanya nikmat dirasakan oleh lidah tetapi tidak diperlukan oleh tubuh.

Menurut laporan dari kementrian kesehatan di Amerika dan umumnya di Negara Negara manapun, sebagai berikut :

31% orang menderita penyakit jantung, 23% orang menderita penyakit kanker, 7% orang menderita stroke, 5% orang menderita penyakit influensa bawaan, 3% orang menderita penyakit diabetes, 1% orang menderita penyakit organ hati dan 26% orang menderita penyakit lainnya.

Badan kesehatan WHO melaporkan kira - kira 15 juta jiwa manusia yang berumur antara 20 - 64 tahun meninggal dunia setiap tahunnya. Kebanyakan dari mereka meninggal di usia muda, seharusnya kejadian tersebut bisa di hindari.

A. Mengaktifkan atau menghidupkan kembali sel sel tubuh yang telah mati ( Activating )

Setelah tubuh di berikan asupan nutrisi yang selama ini kurang maka dengan sendirinya nutrisi tersebut akan membantu meregenerasi sel tubuh kita, setelah sel sel tersebut meregenarasi maka dengan sendirinya akan memperbaiki jaringan tubuh dan akan kembali mengaktifkan fungsi organ organ tubuh yang selama ini tidak maksimal maka hasilnya kesehatanpun akan di peroleh. Ketika proses ini terus kita lakukan, maka setahap demi setahap tubuh kita akan kembali normal seperti sediakala dan akan kita peroleh apa yang namanya DEFENDING atau pertahanan tubuh yang optimal, yang tidak rentan terhadap kondisi lingkungan dan berbagai macam penyakit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar